Google

Rabu, 07 November 2007

The 22nd ASEANTA Awards for Excellence 2008

Organisasi pariwisata ASEAN atau ASEAN Travel Association (ASEANTA) untuk kedua puluh dua kalinya akan memberikan ASEANTA Award for Excellence 2008 kepada individu atau organisasi yang dinilai telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan, pertumbuhan, dan promosi kebudayaan dan pariwisata di kawasan ASEAN.

Menurut panitia penyelenggara, ada sembilan kategori yang dikompetisikan dan akan dipilih yang terbaik (the best) untuk kategori: tourism photo, tour package, airline programme, concervation effort, tourist attraction, travel article, marketing & promotions, cultural conservation effort, dan poster. Penghargaan itu nantinya akan disampaikan pada event Asean Tourism Forum (ATF) di Bangkok, Thailand pada Januari 2008 mendatang.

Menurut Direktur Pengembangan Pasar, Ditjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) Syamsul Lussa, yang juga sekaligus merupakan Alternate Board Member ASEANTA, penghargaan yang diberikan ASEANTA sejak 1987 atau selama 21 tahun terakhir banyak dimenangkan oleh beberapa negara tertentu seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand untuk semua katagori yang dinilai sedangkan Indonesia yang notabene memiliki keunggulan yang begitu banyak hanya memenangkan tujuh awards untuk empat katagori. Hal ini disebabkan antara lain karena kurangnya masukan (entries) yang diusulkan atau dinominasikan oleh Indonesia ke pihak Panitia atau Tim Juri ASEANTA Awards for Excellence.

"Dengan kondisi tersebut di atas dan memandang bahwa berbagai produk unggulan pariwisata Indonesia sangat layak untuk dikompetisikan di kawasan ASEAN, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata saat ini telah menghimbau semua industri melalui asosiasi terkati agar dapat mengerahkan seluruh anggota/perusahaan/individu untuk mengikuti kompetisi tersebut dan memasukan nominasinya (entries) sesegera mungkin sebelum batas akhir penerimaan nominasi tanggal 30 November 2007 oleh tim juri ASEANTA, sehingga dapat memenangkan lebih banyak penghargaan (awards) yang pada gilirannya akan memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi," kata Syamsul Lussa dalam keterangannya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (31/10).

Organisasi ASEANTA merupakan organisasi pariwisata terbesar untuk kawasan ASEAN, yang saat ini anggotanya terdiri dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, serta Vietnam. Keanggotaan dalam ASEANTA ini selain dari unsur pemerintah juga dunia swasta yakni pelaku industri yang tergabung dalam asosiasi pariwisata.

Anggota ASEANTA dari Indonesia, selain Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) juga asosiasi pariwisata-- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Asosiasi Perusahaan Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA).

Tidak ada komentar: